Langsung ke konten utama

Rute dan Lokasi Coban Talun Kota Batu

Rute dan Lokasi Coban Talun Kota Batu
Air Terjun Coban Talun Batu, wisata Air yang ada di kota Batu. Berjarak 15 KM dari Kota Malang dengan jarak tempuh 1,5 jam. Coban Talun berada di Dusun Junggu, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji kota Batu Provinsi Jawa Timur. Air terjun dengan ketinggian 75 M ini memiliki view yang sangat indah, dengan banyaknya batu batu besar yang ada di sekitar air terjun menambah kecantikan dari coban ini.

Untuk menuju ke Air Terjun Coban Talun Batu ini Anda bisa menuju ke arah Selecta atau Cangar, nanti akan ada petunjuk jalan berupa plang yang menunjukkan arah kesana. Jika dari Surabaya Anda bisa lewat trawas , pacet tapi tidak di sarankan Anda lewat jalur ini jika melakukan perjalanan malam karena tidak adanya penerangan yang cukup untuk jalur ini dan satu lagi karena jalan yang curam dan berkelok – kelok. Untuk Anda yang ingin kesana dengan kendaraan umum silakan ke terminal Landungsari dari sana bisa naik bus mini atau angkutan umum ke arah terminal batu. Dari terminal Batu naik angkutan umum tujuan sumber brantas dan Anda bisa bilang ke supirnya turun ke Air Terjun Coban Talun Batu. Dari situ Anda bisa jalan menuju lokasi, atau untuk Anda yang berkendaraan pribadi mohon berhati – hati karena jalannya tidak mulus karena jalan yang akan di lewati adalah jalan berbatu.

Dari titik permulaan perjalanan menuju lokasi air terjun Coban Talun Batu ini, kira – kira Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 – 60 menit untuk sampai lokasi. Untuk sampaipun Anda butuh tenaga ekstra karena medan yang tidak semudah menuju air terjun coban Rondo. Anda akan melewat jalan berlumpur, sedikit menurun jadi Anda juga harus ekstra hati – hati. Sebelum sampai akan ada pertigaan yang harus Anda pilih , jika Anda memilih mengikuti jalur berarti Anda berada di aliran sungai tempat mengalirnya air terjun coban talun batu ini, tetapi jika Anda belok ke kanan Anda bisa menikmati coban setinggi 75 M ini dari dekat. Untuk Anda yang ingin berlama – lama di lokasi air terjun ini silakan datang saat musim panas, jangan sampai datang waktu musim hujan karena selain medannya yang lebih licin dari biasanya Anda tidak bisa berlama – lama lantaran jika hujan turun wisatawan di harap meninggalkan lokasi karena di khawatirkan terjadi banjir.

Fasilitas yang di sediakan di tempat yang di kelola oleh pemerintahan kota Batu ini di antaranya ada kamar mandi, WC, persewaan tenda bagi yang ingin bermalam karena selain coban di kawasan ini juga terdapat bumi perkemahan, warung makan untuk mengisi tenaga, ada juga warung cinderamata untuk oleh – oleh.

Satu hal yang di sayangkan dari air terjun Coban Talun Batu adalah kurangnya perhatian dari pemerintah kota Batu, masih banyaknya perawatan fasilitas yang kurang untuk tempat ini. Jadi mohon untuk pemerintah kota Batu untuk lebih memperhatikan kawasan yang sangat indah ini. Dan untuk para pengunjung jangan merusak apapun yang sudah ada di sini, jangan mengotori, jagalah semua yang sudah di sediakan alam untuk kita. Selamat berlibur dan menikmati hawa pegunungan di air terjun Coban Talun Batu ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Goa Tlekung, Goa Eksotis Peninggalan Jepang

Goa Tlekung Batu, adalah Goa peninggalan bangsa jepang yang terletak di daerah Dusun Gangsiran Desa Tlekung Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Goa peninggalan Jepang sekitar tahun 1942-1945 ini lebih sering disebut dengan nama Goa Jepang. Didalam goa ini terdapat sekitar 7 lorong yang saling terhubung. Apabila Anda ingin masuk goa tersebut, gunakan jasa pemandu. Jika tidak, Anda dapat tersesat berputar-putar di dalam lorong gua dan tidak bisa keluar. Dan untuk mencapai lokasi Goa Tlekung Batu Anda juga harus sedikit menguras tenaga karena jalan yang akan Anda lewati untuk menuju ke Goa sedikit naik dan berbatu. Goa Tlekung Batu merupakan goa peninggalan jaman penjajahan jepang. Goa ini di gunakan sebagai tempat pertahanan yang sengaja di bangun oleh jepang untuk menghadapi serangan pada masa penjajahan kala itu. Goa yang dibangun oleh jepang ini juga di gunakan sebagai tempat penimbunan bahan makanan dan juga kain untuk para tentara jepang yang saat itu sedang menjajah kota batu, goa jepang

Pemandian Umbulan, Langsung dari Sumber Mata Air

Wisata Pemandian Umbulan, Sumber air di kawasan Kota Malang ataupun di sekitarnya sangatlah banyak kita ketahui. Salah satunya yaitu Sumber air alami atau yang disebut Wisata Pemandian Umbulan yang berada di Desa Umbul Rejo Dampit Malang Selatan Kecamatan Dampit tepatnya di desa ubalan 2 km dari pusat Kota Dampit . Wisata Pemandian Umbulan merupakan pemandian bernuansa pegunungan. Disini anda akan menemui sumber air yang sangat bersih dan airnya yang dingin. Selain sumber airnya yang asli dan bersih ini anda juga dapat menikmati udara yang segar, pemandangan yang indah dan udara pedesaan yang masih alami dan segar, serta lingkungan alam yang masih benar-benar terjaga kebersihan dan keberadaannya. Selain untuk tempat wisata, sumber air umbulan ini biasanya juga di manfaatkan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Saat musim liburan datang banyak sekali wisatawan ataupun warga sekitar mengunjungi Wisata Pemandian Umbulan ini. Di obyek wisata ini tersedia hanya 1 kolam

Rute Menuju Pantai Balekambang Malang

Pantai balekambang malang merupakan salah satu tempat wisata pantai di malang, objek wisata Malang ini tergolong menjadi tempat yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Orang malang siapa yang tidak tau Pantai Balekambang, semua pasti akan merekomendasikan pantai ini sebagai salah pantai yang wajib di kunjungi saat berada di kawasan wisata Malang. Lokasi pantai berada di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang tepatnya desa Srigonco, perkiraan jarak dari kota Malang kurang lebih sekitar 60 km. Perkiraan lama perjalanan dari malang menuju pantai balekambang sekitar kurang lebih 3  jam menggunakan mobil, 2,5 jam menggunakan sepeda motor. Ada dua rute yang bisa anda pilih Malang ke kepanjen atau lewat gadang, jika lewat kepanjen bisa menuju ke pagak dan bantur atau kalau lewat gadang Anda bisa ke arah turen – gondang legi – Bantur dan lanjut ke pantai Balekambang Keindahan pantai balekambang Malang ini sudah tidak di ragukan lagi, pasir putih ,ombak ya